Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring
Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Meski Puji Sumsel, Menpora Tetap Minta Jaga Keamanan dan Keyamanan Pelaksanaan Piala Dunia

InilahSumsel.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, memberikan kepastian bahwa pada akhir Desember 2020, perbaikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, yang merupakan kandidat stadion Piala Dunia U-20 tahun 2021, akan selesai dikerjakan.

Pernyataan itu disampaikannya sat meninjau langsung proses perbaikan stadion yang menjadi markas klub sepak bola Sriwijaya FC itu bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, pada hari Selasa tanggal 8 Desember 2020.

“Jika keseluruhan, progressnya sudah tujuh puluh persen. Namun untuk Stadion GSJ, bulan Desember ini sudah selesai. Kita harapkan, Januari 2021 ini rampung semuanya. Jadi, pada bulan Maret 2021 kita tidak lagi bicara soal perbaikan, tapi bicara mengenai hal-hal teknis.” kata Herman Deru.

Dirinya menambahkan, sampai saat ini proses perbaikan Stadion GSJ atau stadion pendukung lainnya, sudah sangat baik. Dimana saat ini tinggal proses akhir seperti pengecetan beberapa bangku penonton maupun pemasangan rubber sintetis untuk jogging track di sisi lapangan. Sementara untuk penerangan, sudah memenuhi standar.

Baca Juga  Pemprov Sumsel Jadikan Penilaian BAP DPD RI Sebagai Acuan Penyelesaian Masalah Daerah

“Untuk lapangan pendukung, masih terus dibenahi, termasuk rumputnya. Lapangan pendukung yang digunakan yakni lapangan Atletik, Baseball, Panahan, dan Stadion Bumi Sriwijaya.” ujar sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu.

Mengenai perbaikan lapangan pendukung, Bang HD menerangkan bahwa anggarannya berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Lapangan pendukung ini menggunakan dana pemerintah pusat, sejauh ini sudah cukup baik, termasuk progres pemasangan CCTV. Kita sendiri selalu berkoordinasi dengan Kemenpora, apalagi ini event dunia, sehingga bimbingan memang dibutuhkan.” jelasnya.

Menpora Republik Indonesia, Zainuddin Amali, menyampaikan pujian dan apresiasinya atas keseriusan Gubernur dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam mendorong percepatan perbaikan Stadion GSJ sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Kita ingin memastikan upaya kesiapan Sumsel sebagai kandidat tuan rumah. Setelah kami saksikan, keseriusan Gubernur dan Pemprov sangat kami apresiasi. Rencananya kita akan datang lagi bulan Januari 2021 mendatang. Jadi jika nantinya masih ada yang dirasa kurang, bisa segera kita benahi lagi,” ucapnya.

Baca Juga  Sumsel Dapat Tambahan 3 Juta Liter Kuota BBM Solar Bersubsidi Tahun 2020

Dari hasil peninjauan tersebut, lanjutnya, sejauh ini progres Sumsel sudah sangat baik. Terlebih, Sumsel sendiri mempunyai pengalaman dalam perhelatan even olahraga internasional. Sumsel luar biasa, apalagi pengalaman yang dimiliki Sumsel sangat banyak. Namun karena ini even dunia, buat semua yang datang nantinya tidak kecewa. Jaga kenyamanan dan keamanan. Yang pasti pengunjung harus pulang dengan membawa cerita baik,” tuturnya.

Menurutnya, even Piala Dunia U20 Tahun 2021 juga dapat menjadi promosi wisata bagi Sumsel. “Kita harus tunjukkan keramahan kita. Ini juga jdi ajang promo wisata kita. Semua dapat ditingkatkan dari event ini,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.