Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pemkab Muba Dukung BPN Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

InilahSumsel.com, Muba — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs. H. Apriyadi, M.Si., menghadiri acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Muba di Auditorium Sekretariat Daerah (Setda) Muba, pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Apriyadi menyampaikan bahwa zona integritas sangatlah penting. Karena bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien dalam  melayani masyarakat. “Karena Zona Integritas ini tujuannya adalah dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien, dengan mengedepankan WBK dan WBBM.” katanya.

Apriyadi pun mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba sangat mendukung terwujudnya Zona Integritas tersebut. “Pemkab Muba mendukung dan kami mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Muba yang telah mencanangkan ini. Pencanangan ini diharapkan tidak hanya dilakukan dalam bentuk ceremony, namun juga harus diimplementasikan dalam pemberian layanan pada masyarakat.” tegasnya.

Baca Juga  Dodi Reza Tanggung Biaya Operasi Bunga Hingga Kebutuhan Hidup Selama Pengobatanya

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muba, Halwani, S.H., M.M., dalam laporannya mengatakan, reformasi bikokrasi adalah langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan yang baik, efektif, dan efisien, serta berkomitmen membangun integritas. Pencanangan Zona Integritas dilakukan dalam upaya membangun WBK dan WBBM.

“Pencanangan pembangunan zona integritas dalam pelaksanaan program anti korupsi, merupakan upaya pengendalian dan pencegahan di lingkungan kantor Pertanahan Kabupaten Muba terhadap pelaksanaan tugas yang mempunyai resiko adanya praktik korupsi serta wujud nyata kantor pertanahan Muba memberikan pelayanan publik secara optimal, bebas dari pungli, WBK, juga WBBM.” ungkapnya.

Lanjutnya, pencanangan zona integritas tersebut sesuai dengan harapan sebagaimana tersurat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara / Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi pemerintah.

Baca Juga  Bentuk Pusat Riset Gambut, Dodi Reza Banjir Dukungan

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Sumsel, Pelopor, M.Eng., Sc., yang hadir secara virtual, menyampaikan bahwa sejak hari pertama melaksanakan tugas, dirinya sudah memerintahkan agar paling lambat akhir bulan November 2020, seluruh kantor pertanahan di wilayah Sumsel, telah mencanangkan secara eksternal pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

“Kepada pimpinan Pemkab Muba dan FKPD Muba, kami titipkan kantor BPN Muba untuk dapat meraih predikat WBK dan WBBM secepatnya. Karena tidak mungkin itu bisa kami lakukan sendiri.” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *