Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pemkab Muba Raih Penghargaan Bhumandala Rajata

InilahSumsel.com, Muba — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) kembali menorehkan prestasi di level nasional. Kali ini Pemkab Muba yang dinahkodai Dodi Reza sebagai Bupati dan Beni Hernedi sebagai Wakil Bupati, berhasil meraih Penghargaan Bhumandala Rajata (medali perak) dari Badan Informasi Geospasial.

“Kabupaten Muba telah berhasil mengembangkan Simpul Jaringan dengan baik, terarah dan terencana. Keterlibatan OPD sudah terlihat dengan baik,” ungkap Plt. Kepala Badan Informasi Geospasial, Muhtadi Ganda Sutrisna, saat menyerahkan penghargaan Bhumandala Rajata (medali perak) kepada Bupati Muba,Dodi Reza, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Drs. H. Apriyadi, M.Si, pada hari Jumat tanggal 27 November 2020 malam di Hotel Borobudur.

Dikatakannya, perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan Pemkab Muba sudah memadai. Geoportal sudah dibangun dengan baik, demikian juga beberapa aplikasi yang memanfaatkan data dari simpul jaringan Musi Banyuasin. “Lalu, penerapan standar dalam penyelenggaraan Jaringan Informasi Gesopasial di Kabupaten Musi Banyuasin perlu dimulai dengan segera, misalnya tentang KUGI dan metadata SNI,” terangnya.

Baca Juga  Hasil Swab 9 PDP di Muba Dinyatakan Negatif

Sementara itu, Apriyadi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan BIG memberikan penghargaan Penghargaan Bhumandala Rajata (medali perak). “Ini merupakan bentuk apresiasi bagi kami karena telah dianggap berhasil mengembangkan dan memanfaatkan simpul jaringan OPD dengan optimal,” ulasnya.

Apriyadi berharap, ke depan Pemkab Muba dapat terus mengembangkan geospasial Pemkab Muba. “Ini dilakukan demi tersedianya informasi geospasial yang handal dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Sekda Muba menyebutkan, penghargaan ini sejalan dengan Perpres Nomor 27/2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) yang menyebutkan bahwa JIGN adalah suatu sistem penyelenggaraan pengelolaan informasi Geospasial secara bersama, tertib, terukur, terintegrasi dan berkesinambungan serta berdayaguna.

Baca Juga  Musi Banyuasin Bakal Miliki Mal Pelayanan Publik

“Dan juga untuk mendukung kelancaran mekanisme berbagi data dan informasi geospasial sehingga kemanfaatan informasi geospasial diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah mulai dari perencanaan, hingga pengambilan keputusan,” tandasnya.

Diketahui, Penghargaan Bhumandala Rajata (Medali Perak) diraih Kabupaten Muba bersama tiga Kabupaten lainnya di Indonesia yakni Kabupaten Bantul, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Sragen. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *