Sumsel Maju Untuk Semua
Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada saat memimpin Rapat Persiapan Menuju Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah Muba di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (11/6/2020).
Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada saat memimpin Rapat Persiapan Menuju Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah Muba di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (11/6/2020).

Pertama di Sumatera, Muba Dipercaya Jadi Tuan Rumah Gelaran API Award 2021

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ditunjuk menjadi tuan rumah acara puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2021. Ini berdasarkan surat dari CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa’at, pada 2 Juni 2020 lalu Nomor : AJJ/AD/015/VI/2020.

Event ini direncanakan akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang di Opproom Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba dan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Terkait hal tersebut, Bupati Muba, Dr. Dodi Reza, diwakili Ketua TP PKK Muba, Hj. Thia Yufada, saat memimpin Rapat Persiapan Menuju Tuan Rumah API Award 2021 bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah Muba di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (11/6/2020), menghimbau agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat melakukan persiapan dan merealisasikan kegiatan yang menjadi keunggulan untuk disumbangkan dalam pelaksanaan API 2021.

Selain itu, Ketua TP PKK Muba, menyarankan kepada Perangkat Daerah yang sebagai leading sector agar dapat memberikan alternatif pariwisata dengan City Tour sebagai pemandu untuk mengajak tamu dari luar berkeliling Kota Sekayu. “Kita harus melakukan persiapan mulai dari sekarang dalam menyambut kegiatan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporpar) Muba, M Fariz, manyampaikan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan tingkat nasional di sektor pariwisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan Ayo Jalan-jalan Indonesia.

Baca Juga  Pemkab dan Forkopimda Muba Resmikan Kampung Tangkal Covid-19 di Desa Gajah Mati

Disamping itu, penyelenggaraan juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing. “API sudah dilaksanakan sejak tahun 2016, berlangsung konsisten hingga 2019 lalu, dan kita akan menjadi tuan rumah kedua di luar Pulau Jawa. 2020 ini direncanakan di Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, namun dimundurkan pelaksaannya pada Februari 2021 karena Pandemi Covid-19,” kata Fariz.

Terpisah, CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa’at, mengatakan, selaku penyelenggara ajang API sangat mengapresiasi Kabupaten Muba, siap menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021. Lanjutnya penyelenggaraan API sejak tahun 2016 telah banyak memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia.

Dengan keterlibatan Kabupaten Muba secara langsung dalam penyelenggaraan API 2021, menunjukkan pula bahwa Bupati Muba beserta jajarannya memberi perhatian khusus terhadap pentingnya pengembangan sektor pariwisata dan perekonomian daerah. “Kami berharap melalui moment penyelenggaraan API 2021 nantinya dapat meningkatkan, juga mengangkat seluruh potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Musi Banyuasin,” ucap Syafa’at.

Senada Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agustini Rahayu, yang Mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, mengapresiasi Kabupaten Muba Provinsi Sumatera Selatan atas bersedianya menjadi lokasi penyelenggaraan ajang API 2021.

“Kita ketahui, selama masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor penghasil devisa yang paling terpukul. Saat ini, Kita dihadapkan pada situasi dimana destinasi wisata tidak bisa dibuka, berbagai usaha pariwisata dan ekonomi kreatif harus tutup, dan perekonomian melambat. Tentunya, kita harus yakin setelah pandemi ini berakhir, pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali marak dan siap menyambut wisatawan baik nusantara dan mancanegara. Pariwisata Indonesia bukan hanya menyangkut kuantitas tapi juga kualitas baik dari destinasi, pekerja, industri, maupun produknya,” ungkapnya.

Baca Juga  Dodi Reza Beri Penghargaan Polisi Berprestasi

Lebih lanjut ia mengatakan untuk itu, komitmen dari Pemerintah Daerah dan Jajarannya dalam pengembangan dan persiapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyambut kembali wisatawan setelah masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang penting. Komitmen dan dukungan tersebut, diharapkan terus ditunjukan oleh pemerintah daerah tanpa henti dan optimis.

“Melalui penyelenggaraan API 2021, kami harap event ini menjadi penyemangat daerah khususnya Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk terus memajukan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tandasnya. (ril)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *