Sumsel Maju Untuk Semua
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, meninjau persediaan pangan
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, meninjau persediaan pangan

Pertama Di Sumatera, Pemprov Sumsel Sediakan Sembako Murah dan Gratis Ongkir

InilahSumsel.com, Palembang — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali melalukan terobosan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel dalam menyediakan sembako dengan harga murah dan berkualitas, bahkan gratis ongkir melalui aplikasi Gojek online.

Hal itu disepakati dalam launching kerjasama antara Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumsel dengan Gojek Palembang bertempat di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, pada hari Selasa tanggal 1 September 2020.

Meski di masa pandemi Covid-19, Pemprov Sumsel tidak henti-hentinya terus memperhatikan masyarakat dengan menyediakan sembako murah dengan kualitas terbaik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, H. Nasrun Umar, dalam hal ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, karena di masa pandemi Covid-19 ini yang paling terasa adalah dampak ekonomi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Dimana atas inisiasi atau terobosan yang luar biasa itu, telah menciptakan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang memang membutuhkan pada era pandemi Covid-19 dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik, sekaligus memberikan peluang bagi Gojek.” katanya.

Pasca pandemi covid-19 ini juga, H. Nasrun Umar menilai, ada keterbatasan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan. Maka itu, menurutnya ada satu cara dan strategi dimana dengan memanfaatkan teknologi dan inforomasi untuk memenuhi adaptasi kebiasan baru.

“Ini sungguh luar biasa, saya melihat apa yang kita lakukan ini sangat mulai. Semoga ini menjadi motivasi bagi rekan-rekan yang lain dengan mengeluarkan ide-ide, terobosan ataupun strategi, agar di masa pandemi covid-19 walaupun membuat kita terbatas tapi tidak membuat kita menjadi terpuruk,” ungkapnya.

Baca Juga  Siaga Karhutla 2020, Pemprov Sumsel Kerahkan 8.000 Petugas

Dalam pelaksanaan kerjasama ini, sosok yang akrab disapa dengan panggilan HNU itu menghimbau kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, agar terus memonitor barang yang akan didistribusikan, sehingga barang tersebut merupakan barang berkualitas dan layak di komsumsi bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Dia juga meminta kepada Gojek, harus tetap menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan tugas. Hal ini juga meyakinkan kepada masyarakat sehingga barang tersebut dijamin baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Taufik Gunawan, menambahkan bahwa telah menyediakan pangan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau yang dipatok Rp. 8.500 per kilogram dan ini harga terendah di Indonesia.

Menurutnya, dipertahankannya sembako berkualitas dengan harga murah tersebut karena Sumsel selain surplus beras, para petaninya juga siap dalam menyediakan bahan pangan. Selain beras yang dipasarkan, kata Taufik Gunawan, ada juga gula pasir, telur, bawang merah/putih, minyak goreng dan juga buahan-buahan.

“Meski ada keterbatasan karena di era pandemi Covid-19, namun peran pemasaran secara online inilah, maka masyarakat bisa membeli apa yang kita sediakan disini melalui aplikasi gojek dan tidak mempengaruhi harga jual, karena ongkirnya di tanggung oleh kita. Jadi fasilitas di gojek ini tidak dibebani harga ongkos kirimnya,” tutupnya.

Baca Juga  Perguruan Tinggi di Sumsel Dukung Ajakan Herman Deru Ringankan Biaya Kuliah

Di tempat yang sama, Pimpinan Gojek membenarkan bahwa hari sudah memulai untuk melaunching kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel terkait Pasar Mitra Tani dan pengantaran kepada masyarakat Kota Palembang secara gratis dan disajikan di aplikasi Gojek atau Gofood.

“Aktifnya diperkirakan minggu depan pada hari Senin, jadi masyarakat sudah bisa pesan dan tokonya bisa langsung cek di aplikasi gojek itu namanya pasar mitra tani.” kata Kenn Lazuardi Syanubi.

Sebenarnya, lanjutnya, kerjasama ini diawali oleh Kementerian Pusat dengan Gojek dan ditindaklanjuti dengan daerah-daerah. Untuk di pulau Sumatera, ada tiga provinsi yakni Sumsel, Lampung dan Riau.

Di Pulau Sumatera, katanya Provinsi Sumsel merupakan provinsi yang pertama kali melaunching kerjasama ini. Diharapkan, dengan kerjasama ini bisa membantu masyarakat Kota Palembnag dan para driver menambah penghasilan. (*)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *