Sumsel Maju Untuk Semua
Peserta FOcus Group Discussion ISMI Sumsel
Peserta FOcus Group Discussion ISMI Sumsel

Petakan Potensi UMKM, ISMI Sumsel Gelar Focus Group Discussion

InilahSumsel.com, Palembang — Ikatan Saudagar Muslim se Indonesia (ISMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pemetaan Potensi Pengusaha Kecil dan Menengah, di Ruang Serba Guna Kantor Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sumsel, hari Jum’at tanggal 13 Maret 2020.

Ketua ISMI Sumsel, Hendri Zainuddin, menjelaskan bahwa kegiatan yang menghadirkan Budi Gunawan sebagai pelaku usaha kecil menengah dan Giyanda Tiffany dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel itu, diselenggarakan sebagai dengan tujuan untuk melakukan pemetaaan terhadap potensi pengusaha kecil dan menengah yang ada di Sumsel.

“Kami dari ISMI Sumsel ini akan melakukan pemetaan UMKM yang ada di Sumsel dan nanti akan di rajut saja. Misalnya ada kawan-kawan kita ini ada yang usaha lele, tinggal nanti kita di buat salai atau apa saja yang bisa meningkatkan nilai jualnya.” ujarnya.

Pemilik dari Numa Coffee and Barber itu berharap, dengan adanya FGD tersebut bisa menjadi sarana bagi pengurus ISMI untuk mendapatkan pengetahuan dan juga sebagai sarana silaturahmi rutin.

“Mudah-mudahan ilmu, pengetahuan, dan informasi yang diberikan oleh dua narasumber tentang UMKM, bisa bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan dari pelaku usaha kecil dan mengenah di Sumsel.” tutur Hendri Zainuddin.

Sementara itu, Giyanda Tiffany yang menjadi narasumber dalam acara itu mengungkapkan,  Sumsel memiliki banyak potensi usaha kecil dan menengah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan. Bahkan, beberapa usaha kecil dan menengah yang ada di Sumsel, juga diminati oleh negara lain.

Baca Juga  Kemenpora Berikan Bantuan Pada Atlet Pelatda Sumsel

“Pertemuan yang temanya diskusi, sudah sering dilakukan. Dari pertemuan-pertemuan seperti ini, sangat bermanfaat bagi pelaku usaha dan sudah beberapa kali kami lakukan di KADIN Sumsel. Kita juga sering mendapatkan pertanyaan dari Perwakilan Thailand mengenai potensi yang ada di Sumsel. Kita jelaskan bahwa banyak terdapat usaha rumah makan, wisata, fashion, sawit, karet, dan juga batubara.” ujarnya.

Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Fanny itu menambahkan, sampai saat ini memang masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil dan menengah.

“Permodalan menjadi permasalahan utama yang sering dihadapi oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Sebenarnya, join partner bisa menjadi solusi permodalan. Namun yang menjadi perhatian adalah dalam join partner ini perlu dituangkan dalam perjanjian mengenai bagi hasil dan juga tanggung jawab masing-masing pihak.” ungkapnya.

Wakil Ketua KADIN Sumsel bidang Pendidikan itu pun menyampaikan, mengenai permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa diselesaikan dengan cara mengirimkan karyawan untuk mengikuti pelatihan dari organisasi yang selaras dengan bidang usaha.

“Untuk masalah SDM, kita harus masuk satu organisasi yang selaras dengan bisnis kita. Misalnya kita masuk di ISMI, ISMI menyelenggarakan pelatihan keuangan. Kita sebagai bagian dari ISMI, bisa mengirimkan karyawan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki.” terangnya.

Baca Juga  Dari Belitang, Hendri Zainuddin Umumkan Pemain Baru Sriwijaya FC

Permasalahan terakhir yang sering dihadapi oleh pelaku usaha kecil dan menengah, masih kata Fanny, yakni branding produk dan juga networking. Dirinya pun mengajak peserta FGD untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, tidak hanya sebagai tempat untuk eksis secara pribadi, tetapi eksis dari produk bisnis yang dimiliki.

“Branding dan packaging dari produk usaha yang dimiliki, harus lebih giat lagi. Kemajuan teknologi informasi, harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk promosi dari produk yang dihasilkan. Selain itu, selesai acara ini jangan tidak ada hasil. Komunikasi antar peserta, juga sangat penting karena merupakan bagian dari cara membangun jaringan. Karena jaringan adalah permasalahan yang juga sering dihadapi oleh pelaku usaha kecil dan menengah.” tuturnya. (ohs)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *