Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pimpin Raker KONI, Hendri Zainuddin Ajak Insan Olahraga Fokus Bina Atlet Sumsel

InilahSumsel.com, Palembang — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun 2020 dengan Tema Membangun Kebersamaan yang solid dalam rangka menghadapi POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional), PON (Pekan Olahraga Nasional) XX, dan PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi) Tahun 2021 di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2020.

Ketua KONI Sumsel, H. Hendri Zainuddin, dalam Raker tersebut menyampaikan bahwa pihaknya sangat berkomitmen dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku olahraga di Sumsel, termasuk mewujudkan program pemberian bantuan kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) masing-masing Cabang Olahraga (Cabor) dan KONI Kabupaten dan Kota di Sumsel.

“Saat mengikuti pemilihan kemarin, saya akan membantu KONI Kabupaten dan Kota sebesar seratus juta rupiah dan masing-masing Cabor sebesar tujuh puluh lima juta rupiah. Alhamdulillah, program tersebut terealisasi di tahun 2021 nanti. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, dana tersebut tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk barang dengan total alokasi sebesar tiga miliar rupiah.” ujar Hendri Zainuddin.

Dirinya pun menjelaskan bahwa kepengurusannya saat ini, masih berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dari kepengurusan sebelumnya, diantaranya pembayaran kepada pihak Jakabaring Sport City (JSC) dan kepada atlet. “Selain itu, kami mendapatkan dana yang kami kelola sebesar empat miliar rupiah, dan dari uang tersebut, kami bisa melewati satu tahun untuk melunasi hutang pengurus lama di JSC dan hutang terkait kondisi atlet.” ungkap sosok yang akrab disapa dengan panggilan HZ itu.

Baca Juga  KONI Sumsel Apresiasi Bantuan PT. POS Bagi Pelatih dan Atlet

Mengenai PON XX yang akan digelar di Papua pada tahun 2021 mendatang, HZ menjelaskan bahwa Pelatihan Daerah (Pelatda) akan digelar selama tujuh bulan bagi atlet Sumsel yang akan digelar di Palembang. Dirinya pun menyampaikan bahwa pihaknya sangat fokus terhadap pembinaan atlet lokal agar bisa berbicara di tingkat nasional. “Raker ini akan dirumuskan mengenai apa yang harus kita lakukan, sehingga atlet KONI Sumsel membanggakan di kancah nasional.” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel yang hadir dalam kesempatan tersebut meminta kepada KONI Sumsel untuk fokus pada tiga agenda besar. Tiga agenda itu yakni Pembinaan Atlet asli Sumsel dan mengharamkan ngebon atau beli atlet luar. Kedua, fokus pada persiapan PON dan Porprov 2021. Ketiga, merealisasikan program bantuan kepada KONI Kabupaten dan Kota di Sumsel serta lima puluh empat Cabor binaan.

“Kita jangan mengejar kegembiraan semu, lebih baik kita meraih prestasi apa adanya, tetapi milik kita. Prestasi misalnya bernilai sekian, apapun itu kita harus bangga, karena itu milik kita. Percuma juara, tetapi itu bukan atlet kita, tetapi milik daerah lain.” ujar Herman Deru, Gubernur Sumsel.

Dirinya pun berkomitmen untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumsel. Dengan soliditas yang baik antara semua pihak, sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu yakin bahwa masyarakat akan bangga dengan prestasi terbaik Sumsel di pentas nasional dan internasional disumbangkan oleh atlet lokal dari Sumsel.

Baca Juga  Obati Kerinduan Penggemar, Cafe SFC Kembali Dibuka Setelah Vakum Satu Musim

“Kita Sumsel, memiliki semangat dan spirit serta motivasi. Hal itu didukung dengan kesiapan fisik dan infrastruktur, maka itu saya bangun 10 stadion dengan total dana sebesar seratus miliar rupiah. Saya ingin, atlet wong kito benar-benar atlet binaan Sumsel dan jangan ngebon atlet dari luar.” tegasnya.

Bang HD pun mengapresiasi yang telah diberikan oleh HZ dalam perkembangan olahraga di Sumsel. Diantaranya yakni memberikan ide-ide yang mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat karena sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Pesepakbolaan Nasional. “Kita mendapatkan apresiasi dan menjadi daerah percontohan oleh Pemerintah Pusat terkait Inpres Nomor 3 Tahun 2019 dan Program Sejuta Bola yang kita usung, merupakan ide dari Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin.” tutur Bang HD.

About Oyong Hairudin

Oyong Hairudin
Kontributor InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *