Sumsel Maju Untuk Semua
Pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi, merayakan gol Ahmad Ikhwan yang mengantarkan Laskar Wong Kito meraih kemenangan dikandang. (M.Tohir/Detiksumsel.com)
Pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi, merayakan gol Ahmad Ikhwan yang mengantarkan Laskar Wong Kito meraih kemenangan dikandang. (M.Tohir/Detiksumsel.com)

PSMS Miliki Rekor Empat Kali Menang Lawan Sriwijaya FC

Pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi, merayakan gol Ahmad Ikhwan yang mengantarkan Laskar Wong Kito meraih kemenangan dikandang. (M.Tohir/Detiksumsel.com)
Pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi, merayakan gol Ahmad Ikhwan yang mengantarkan Laskar Wong Kito meraih kemenangan saat menghadapi Persiraja, hari Minggu tanggal 28 Juli 2019. (foto : tohir/ds)

 

InilahSumsel.com, Palembang — Sriwijaya FC akan menghadapi tuan rumah PSMS pada pertandingan ke sembilan di Liga 2 Indonesia tahun 2019 Grup Barat. Pertandingan itu, rencananya akan digelar hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019 di Stadion Teladan, Medan, dan disiarkan secara langsung oleh Tv One pada pukul 15.30 WIB.

Menariknya, kedua klub ini sudah sering bertemu sejak Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2005 yang lalu. Tercatat, sudah terjadi empat belas pertandingan diantara dua klub yang berasal dari Pulau Sumatera ini. Dari pertandingan-pertandingan itu, PSMS memiliki rekor empat kali kemenangan, tiga kali imbang, dan tujuh kali menderita kekalahan dari Sriwijaya FC.

Kemenangan terakhir klub yang berjuluk Ayam Kinantan itu, didapatkan ketika menantang Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, tanggal 18 Oktober 2018. PSMS berhasil mendapatkan kemenangan dengan skor akhir 3-0 melalui gol yang diciptakan oleh Alexandros Tanidis, Felipe Martins, dan Shohei Matsunaga. Sebelumnya, ketika bermain di Stadion Teladan tanggal 18 Mei 2018, PSMS yang saat itu dilatih oleh Djajang Nurdjaman, mampu mendapatkan kemenangan melalui gol Dilshod Sharofetdinov.

Kemenangan lain yang didapatkan oleh PSMS medan adalah saat menjadi tuan rumah di Indonesian Super League yang digelar tanggal 2 Juni 2009. Saat itu, Sriwijaya FC kalah 1-3 dan gol diciptakan oleh Claude Parfait Ngon A Djam melalui tendangan penalti. Sedangkan gol PSMS diciptakan oleh Mario Alejandro Costas, Esteban Javier Guillen Tejera melalui tendangan penalti, dan Leonardo Martins Dinelli.

Catatan keberhasilan terakhir PSMS dalam mengalahkan Sriwijaya FC (SFC) yakni saat menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Indonesia tahun 2007. Pertandingan yang digelar tanggal 22 Desember 2007 itu, PSMS mampu menang dengan skor akhir 2-0 melalui gol yang diciptakan oleh Gustavo Chena pada menit ke 7 dan Mbom Julien di menit 15.

Baca Juga  Sriwijaya FC Dukung Pemerintah Tunda Liga 2 Tahun 2020

Selain mendapatkan kemenangan, PSMS medan tercatat tiga kali harus puas dengan hasil imbang ketika berhadapan dengan Sriwijaya FC. Tiga pertandingan itu yakni tanggal 20 Februari 2012 saat menjadi tuan rumah Indonesian Super League musim 2011/2012 dan berakhir dengan skor 0-0 serta menjadi tuan rumah Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2007 yang digelar tanggal 25 Februari 2007.

Hasil imbang terakhir, terjadi pada Babak Delapan Besar Divisi Utama Liga Indonesia Wilayah Barat yang digelar tanggal 16 Januari 2008. Saat itu, PSMS Medan menahan imbang Sriwijaya FC dengan skor 2-2, melalui gol yang diciptakan oleh James Koko Lomel. Sedangkan gol Sriwijaya FC diciptakan oleh Ambrizal dan Zah Rahan melalui tendangan penalti.

Rekor kekalahan PSMS ketika bertemu dengan Sriwijaya FC, dimulai pada pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2007. Dimana, klub yang berjuluk Laskar Wong Kito itu berhasil mendapatkan kemenangan dengan skor akhir 2-0. Kekalahan kedua didapatkan PSMS saat bertemu di pertemuan kedua Babak Perempat Final Piala Indonesia musim 2007/2008 tanggal 5 Januari 2008. Saat itu, Sriwijaya FC berhasil mendapatkan kemenangan dengan skor akhir 4-0 melalui gol yang diciptakan oleh Renato Ilyas, dua gol Keith Kayamba Gumbs, dan Christian Leng Lolo.

Pertandingan tanggal 10 Februari 2008, menjadi pemutus harapan PSMS untuk menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia musim 2007/2008. Pasalnya, Sriwijaya FC berhasil menjadi pemenangan pada pertandingan tersebut dan mendapatkan gelar juara perdana setelah tiga musim mengikuti kompetisi tertinggi sepak bola di Indonesia. Saat itu, PSMS hanya mampu menciptakan satu gol melalui James Koko Lomel. Sedangkan Sriwijaya FC, mampu menciptakan tiga gol melalui Anaoure Richard Obiora, Keith Kayamba Gumbs, dan Zah Rahan.

Baca Juga  Sriwijaya FC Dilarang Uji Coba Lapangan Malam Hari

Empat kekalahan lainnya yang didapatkan oleh PSMS saat bertemu Sriwijaya FC yakni kalah 0-2 pada tanggal 01 November 2008, tanggal 28 April 2012, tanggal 26 Januari 2018, dan terakhir ketika bertemu di perebutan juara ketiga Piala Presiden tahun 2018. Pertandingan yang digelar tanggal 17 Februari 2018 itu, berhasil dimenangkan oleh Sriwijaya FC dengan skor akhir 4-0 melalui gol yang diciptakan oleh Mahamadou N’Diaye, Hamka Hamzah, Manucherkhr Dzhalilov, dan Esteban Vizcarra.

Meskipun secara head to head Sriwijaya FC lebih unggul, namun anak asuh dari Kas Hartadi itu, diminta oleh pendukung Sriwijaya FC untuk tidak larut dalam catatan masa lalu. Justru, pada pertandingan melawan PSMS hari Kamis nanti, Ryan Wiradinata dan kawan-kawan harus tampil semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik, yakni kemenangan, agar bisa menciptakan catatan sejarah baru yang lebih manis.

“KIta tahu, dalam catatan sejarah pertemuan kedua tim ini, SFC memang lebih unggul dari PSMS. Tetapi, itu semua catatan masa lalu. Kita sekarang, harus fokus bicara tentang masa depan, dengan tetap menjadikan catatan sejarah sebagai bahan pertimbangan. Kami sebagai pendukung SFC, terus mendo’akan agar pemain diberikan kemudahan dalam menjalani pertandingan demi pertandingan. Tetap semangat untuk dapatkan hasil terbaik lawan PSMS nanti.” kata Syafutro Riyanto, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019. (ohs)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *