Survei Voxpol Center, Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah Ungguli Kandidat Lain

Bursah Zarnubi dan Parhan Berza, Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat Periode 2018-2023

Bursah Zarnubi dan Parhan Berza, Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat Periode 2018-2023 (facebook.com/nike.anista.1)

LAHAT -- Lembaga Riset Politik Voxpol Center Research and Consulting, merilis hasil survei terbaru mengenai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat Periode 2018-2023. Berdasarkan survei yang dilaksanakan dari tanggal 20-24 Mei 2018 itu, pasangan nomor urut empat yakni Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah, lebih unggul dari kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menjelaskan bahwa tingkat popularitas pasangan tersebut yakni 98,8 persen. Kemudian, Nopran Marjani dan Herliansyah 97,3 persen, Hapit Padli dan Erlansyah Rumsyah 80,8 persen, Cik Ujang dan Haryanto 95,8 persen, Purnawarman Kias dan Rozi Adiansyah 83,8 persen.

"Selain populer, Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah, tokoh yang paling disukai oleh Masyarakat Kabupaten Lahat, diantara semua calon. Pasangan ini, mendapatkan angka 86,8 persen. Kemudian, posisi kedua disusul Nopran Marjani dan Herliansyah dengan angka 87,8 persen, Cik Ujang dan Haryanto 84,0 persen, Purnawarman Kias dan Rozi Adiansyah 65,8 persen dan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 63,5 persen." ujar Pangi Syarwi Chaniago, hari Minggu tanggal 17 Juni 2018, seperti dikutip dari jawapost.com.

Jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat pada hari ini, masih kata Pangi Syarwi Chaniago, pasangan yang mengusung tema Menata Kota Membangun Desa itu, juga unggul dari calon yang lainnya.

"Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah unggul 42,2 persen, tertinggi dari semua calon. Berikutnya, Nopran Marjani dan Herliansyah 27,0 persen, Cik Ujang dan Haryanto 22,8 persen, Purnawarman Kias dan Rozi Adiansyah 2,8 persen. Posisi terendah yakni pasangan Hapit Padli dan Erlansyah Rumsyah dengan perolehan 2,5 persen. Kalau yang belum menentukan pilihan, sebesar 2,7 persen responden." jelasnya.

Dengan hasil survei ini, Pangi Syarwi Chaniago meyakini bahwa pasangan Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah, memiliki peluang yang besar untuk memenangkan pemilihan bupati Kabupaten Lahat.

"Indikasinya ada beberapa hal. Pertama, survei dilakukan dalam rentang waktu yang sangat dekat dengan wakru pemilihan, sehingga tidak akan terjadi fluktuasi angka yang sangat signifikan dari setiap kandidat. Kedua, faktor pemilih yang belum menentukan pilihannya, sudah semakin kecil. Artinya, masyarakat sudah menentukan pilihan. Angka ini tidak mempengaruhi hasil akhir, jika mereka menentukan pilihannya pada saat terakhir. Terakhir, selisih perolehan suara yang signifikan antara Bursah Zarnubi dan Parhan Berzah dengan Nopran Marjani dan Herliansyah sebesar 15 persen." ungkap dia.

Survei yang dilakukan oleh Lembaga Riset Politik Voxpol Center Research and Consulting ini, mengambil responden sebanyak 400 orang dengan tingkat kesalahan atay margin of error sekitar 4,89 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Metode yang digunakan yakni multi stage random sampling melalui wawancara tatap muka menggunakan kuisioner.

Hendri Zainuddin Calon Anggota DPR RI Periode 2018-2024 Dapil Sumsel 2
author
No Response

Comments are closed.