Tarif Tes Kesehatan Rohani Tiba-Tiba Naik, Ini Penjelasan Direktur RS. BARI

Direktur Rumah Sakit Palembang BARI, Dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS

Direktur Rumah Sakit Palembang BARI, Dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS

PALEMBANG -- Ratusan orang yang ingin mengurus Surat Keterangan Sehat di Rumah Sakit Palembang BARI sebagai salah satu syarat untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat pusat dan daerah, harus mengalami rasa bingung karena biaya kepengurusan yang naik secara tiba-tiba.

Riduansyah, Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR Daerah Kabupaten Ogan Ilir, kepada InilahSumsel.com menjelaskan, biaya mengurus surat keterangan sehat rohani itu, awalnya kurang lebih dua ratus lima puluh ribu. Namun, ketika dirinya datang kembali di hari Jum'at, sudah berubah menjadi lima ratus ribu rupiah.

"Kami, hari Rabu kemarin, sudah datang ke Rumah Sakit BARI, mencari informasi. Biayanya kurang lebih Rp. 250.000 untuk pemeriksaan rohani. Tapi, ketika kami mau lakukan pemeriksaan di hari Jum'at, sudah berubah menjadi Rp. 500.000." ujar Riduansyah, hari Sabtu tanggal 7 Juli 2018.

Kemudian, dia mempertanyakan alasan dari pihak Rumah Sakit BARI yang tidak melakukan promosi terlebih dahulu mengenai rencana kenaikan biaya tersebut.

"Seharusnya, promosi dilakukan secara massif dan dari jauh-jauh hari melalui berbagai media. Agar, tidak banyak yang merasa di rugikan waktu. Karena, mereka yang ingin mengurus surat itu, bukan hanya dari Palembang saja, dari daerah lain juga ada." jelasnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Palembang BARI, Dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS., membenarkan bahwa terjadi kenaikan tarif Tes Rohani, Pemeriksaan MMPI dan Konsultasi. Dia menjelaskan, kenaikan tersebut baru berlaku tanggal 6 Juli 2018.

"Itu tarif terbaru dan sudah kami umumkan secara terbuka, yang kebetulan saja pemberlakukannya tanggal 6 Juli 2018. Tidak ada kaitannya dengan Pemeriksaan Kesehatan Bacaleg. Karena itu tarif umum, jadi semua tarif yang ada di RS BARI. Tidak ada aji mumpung, kami tetap berusaha profesional." ujarnya.

Dia menyarankan, bagi masyarakat yang ingin mengurus surat keterangan tersebut, agar segera datang sebelum pukul 11.00 WIB.

"Saran saya, sebaiknya teman-teman yang akan nyaleg dan belum sempat melakukan test, kalau mau ke RS BARI, segera saja. Karena, jam 11 siang ini, kami tutup dengan alasan analisa hasil butuh waktu kurang lebih 10 hari." katanya.

Berdasarkan lampiran dari Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Rumah Sakit yang memenuhi Syarat sebagai tempat pemeriksaam kesehatan dalam rangka pemenuhan syarat Calon Anggota DPR, DPD, dan DPRD pada Pemilu 2019 yakni Rumah Sakit BARI Kota Palembang, Rumah Sakit Umum Daerah Rabain Muara Enim, Rumah Sakit Umum Daerah Siti Aisyah, Rumah Sakit Umum Daerah DR. Ibnu Sutowo Baturaja, sebagai rumah sakit rujukan regional terakreditasi bersama dengan. Tambahannya, Rumah Sakit Mohammad Hoesin sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional Terakreditasi.

Hendri Zainuddin Calon Anggota DPR RI Periode 2018-2024 Dapil Sumsel 2
Oyong Hairudin
see my profile at http://www.facebook.com/oyonghairudin.73
No Response

Comments are closed.