Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Tengah Malam, Herman Deru Gelar Rapat Pemecahan Masalah Kabut Asap

InilahSumsel.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mendatangi secara langsung kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan yang terletak di sekitar Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, hari Senin malam tanggal 14 Oktober 2019.

Dalam kunjungan tersebut, Herman Deru melakukan monitoring terhadap perkembangan terbaru mengenai kondisi cuaca, termasuk upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan bencana asap yang kini terus dilakukan upaya penyelesaiannya oleh petugas di lapangan.

“Titik api yang terpantau, kebanyakan terjadi di lahan gambut dan sebagian lagi lahan kosong yang tersebar di 16 desa dan terfokus di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Di Musi Banyuasin yakni berada di wilayah kecamatan Bayung Lencir.” ujar Herman Deru.

Baca Juga  Pantau Arus Mudik, Herman Deru Kunjungi Lima Tempat Sekaligus

Dirinya menambahkan, kabut asap yang menyelimuti Kota Palembang beberapa hari, berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ilir. Di wilayah tersebut, terdapat 22 titik api yang meliputi daerah Pampangan, Cengal, Sungai Menang, Pedamaran, Tanjung Lubuk, Kayu Agung, Tulung Selapan, dan Pangkalan Lampam.

“Kita gerak cepat untuk melakukan pemadaman di desa-desa itu, kita buat sumur bor untuk memudahkan suplai air. Selain itu, akan dilakukan juga water boombing dengan 9 unit helikopter dan 2 unit heli untuk patroli melalui jalur udara. Saya juga sampaikan kepada masyarakat Sumsel, aparat selalu siap siaga menerima laporan kondisi terakhir di lapangan.” ujar Bang HD, sapaan akrab Herman Deru.

Selain itu, masih kata Bang HD, pihaknya juga melakukan modifikasi cuaca dengan bobot 80 kilogram setiap hari dan dilakukan dengan pesawat Casa dari jalur udara.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Minta Bank Sumsel Babel Lebih Berani Bersaing

“Hari Rabu, kita akan datangkan pesawat lebih besar, yakni jenis Hercules dari kantor pusat, guna melakukan penebaran garam sebanyak 4 ton lebih. Mari kita terus berdo’a semaksimal mungkin, guna membantu meningkatkan mental dan semangat petugas yang bekerja di lapangan.” ajak Herman Deru. (ril/ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *