H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Dodi Reza, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin
Ketua TP PKK Muba yang juga Inisiator Gambo Muba, Thia Yufada Dodi Reza.
Ketua TP PKK Muba yang juga Inisiator Gambo Muba, Thia Yufada Dodi Reza.

Thia Yufada : “Batik Kebanggaan Indonesia, Gambo Ada di Muba”

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Tepat pada 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional, sebagaimana diketahui Batik merupakan identitas bangsa Indonesia yang menjadi kebangaan warga Indonesia dan diminati hingga di level dunia.

“Selamat Hari Batik Nasional, Batik kebangaan Indonesia dan dicintai dunia. Nah, kalau di Muba kita punya Gambo Muba, kain Jumputan karya warga lokal yang juga dicintai dunia,” ungkap Ketua TP PKK Muba yang juga Inisiator Gambo Muba, Thia Yufada Dodi Reza.

Wanita Inspirasi Sumsel ini mengatakan, Gambo saat ini juga telah menjadi identitas Kabupaten Muba. “Kerajinan tangan jumputan warga Muba ini akan terus dilestarikan dan menjadi kebangaan tersendiri masyarakat Muba,” terangnya.

Baca Juga  Pemkab Muba Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran Di Sungai Keruh

Lanjutnya, Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini pasangan suami istri Dodi-Thia mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna alami anti kimia.

“Ini juga menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil, produk ini tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah kimia getah gambir untuk pewarna Gambo Muba,” terangnya.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (PERWOSI) Sumsel ini mengajak, agar masyarakat Indonesia dan khususnya Muba terus mencintai produk-produk asli Indonesia.

Baca Juga  Warga Teluk Kijing 1 Dan Lumpatan II Terciduk Simpan Puluhan Paket Sabu Siap Edar

“Kalau bukan kita siapa lagi, mari kita bangga jadi warga Indonesia yang punya banyak hasil karya yang diminati sampai ke level internasional,” dan Selamat Hari Batik Nasional 2 oktober 2020.” tukasnya. (*)

H. Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *